Sunday, June 14, 2015

Nissan Evalia Campervan dari Sussex (y)

Dalam postingan beberapa waktu yang lalu, broCL pernah merekomendasikan tiga mobil Low MPV yang banyak beredar di Indonesia  untuk diubah menjadi sebuah Campervan, yakni Suzuki APV, Daihatsu Luxio/Gran Max, dan Nissan Evalia. Nah karena yang Suzuki APV sudah pernah dikasi liat hasil tranformasinya menjadi campervan, kali ini giliran Nissan Evalia yang unjuk gigi atas kebolehannya ketika diubah menjadi sebuah campervan. seperti apa ubahan ubahan yang dilakukan? yuk cek dibawah ini
Nissan Evalia adalah Low MPV yang diproduksi oleh Nissan. Diperkenalkan pertama kali sebagai NV200 Concept pada tahun 2007 di ajang Tokyo Motor Show 2007. Mobil ini diluar sana hanya tersedia dalam model Van. Diluar negeri, mobil ini dinamai Nissan NV200 yang katanya, NV itu merupakan singkatan dari New generation Vehicle, mobil generasi terbaru gitu.

Di Indonesia, Nissan Evalia baru diluncurkan pada sekitar bulan Juni 2012 dengan tiga tipe yang tersedia, yaitu S, SV, dan XV. Untuk versi sekarang (2015) sepertinya ada tambahan varian yaitu ST. 

Nah karena Nissan Evalia ini memiliki bentuk yang mengotak, maka luas kabin menjadi sangat lega. Kelebihan lain ada pada letak mesinnya, berbeda dengan Low MPV saingannya yaitu Suzuki APV dan Daihatsu Luxio/Gran Max yang memiliki mesin dibawah jok pengemudinya, Nissan Evalia memiliki hidung yang cukup panjang untuk mengakomodasi mesin 1500ccnya, dan dengan pindahnya mesin ke depan maka ruang kabin bisa dibuat rata dari lantai supir hingga ke lantai paling belakang, sangat menguntungkan bila anda berniat mengubahnya menjadi campervan.

Nissan Evalia sendiri sudah banyak dilirik perusahaan perusahaan konversi campervan diluar sana yang akhirnya pada tahun 2013 kemarin, salah satu perusahaan konversi campervan, Sussex, menelurkan produk barunya yaitu NV200 Sussex Campervan.



NV200 Sussex Campervan ini mengadaptasi pop-up roof untuk menjaga ketinggiannya agar tetap dibawah 2,5 meter dengan alasan agar mobil ini tetap bisa dipakai sehari hari dan dapat parkir dimana saja tanpa perlu kuatir batas tinggi parkiran mobil. Untuk soal safety tidak perlu ditanyakan lagi, mobil ini dilengkapi dengan dua buah airbags, dan seatbelt di kelima kursinya. Terdapat pula kamera mundur serta rem berjenis ABS (Antilock Braking System). Akomodasi? jelas terjamin, namun mobil ini didesain hanya untuk ditiduri 2 orang, jadi cocoknya masuk dikelas 2-berth campervan. Metode pelipatan kursi belakang untuk dijadikan tempat tidur yang nyaman juga sangat mudah, hanya dengan 3 step pelipatan.



Untuk urusan dapur, mobil ini dilengkapi dengan kompor gas serta kulkas mini bar yang diletakan dilemari sebelah kanan kendaraan. Disebelah kompor dapat ditemui juga sebuat tempat cuci yang memiliki pompa otomatis dan air hangat, wow. Kabin penyimpanannya pun tak bisa dianggap remeh, hampir sepanjang kanan kendaraan seluruhnya digunakan sebagai tempat penyimpanan, bahkan bagian bawah kursi yang biasanya dibiarkan kosong melompong, disini dibuatkan tempat penyimpanan yang terbuat dari kayu. Dibagian belakang kursi juga terdapat lemari penyimpanan yang memiliki pintu menghadap kebelakang sehingga memudahkan mengakses barang dibawah kursi lewat pintu belakang.


Untuk urusan entertainment system juga jos, mobil ini dilengkapi dengan audio kualitas wahid dengan speaker yang berada dibeberapa tempat. Tersedia pula koneksi lengkap ke iPod dan iPhone, plus bluetooth juga tak ketinggalan. Bahkan dikemudi mobil terdapat tombol untuk mengatur settingan audio kita (steering-wheel control).

Nah soal harga nih. NV200 Sussex Campervan dilepas dengan harga mulai dari £22.995 atau sekitar 459 juta rupiah. hehe cukup mahal memang, dan mungkin akan jauh lebih murah jika kita membuatnya sendiri dirumah, tinggal ada kemauan sih yang penting. Semoga bisa menginspirasi ya, salam campervan!


Foto-foto tambahan: 




4 comments:

  1. Replies
    1. karoseri delima jaya bogor klo gak salah..di searxhing aja

      Delete
  2. Om di indonesia dimana ya bisa renovasi mobil aeperti itu ya? Mksh

    ReplyDelete
  3. karoseri delima jaya bogor..klo gak salah di seraxhing aja

    ReplyDelete