Friday, May 9, 2014

Beberapa Calon Mobil Terbaik untuk Dikonversikan menjadi Campervan

Diindonesia, mobil-mobil MPV atau Van berukuran besar dengan LWB (Long Wheel Base) kurang diminati, hal ini dikarenakan jalanan Indonesia yang rata-rata masih sempit, dan kemacetan yang luar biasa di kota kota besar. Hal ini menyebabkan orang-orang Indonesia lebih suka memilih mobil yang memiliki mobilitas tinggi dan berukuran compact. Ukuran MPV, Van, maupun kendaraan niaga yang banyak beredar di Indonesia masuk dalam kategori small, yaitu memiliki panjang tidak lebih dari 5 meter dan lebar dibawah 2 meter.

Tapii, ga perlu berkecil hati, tipe tipe kendaraan ini tetap bisa kok dijadikan campervan, banyak sekali referensi yang telah beredar luas diinternet, salah satu contohnya ada di situs Smallcampervan.co.uk.

Oke, cukup paragraph intronya, lanjut, kali ini broCL akan membahas tentang mobil-mobil apa saja yang menjadi kandidat terbaik untuk dikonversikan menjadi campervan. Dari sekian banyak mobil yang beredar diIndonesia, broCL memilih tiga varian mobil terfavorit berdasarkan dari Kemudahan bermanuver dijalanan Indonesia, Luas Kabin, Konsumsi Bahan Bakar dan Harga.

Oh iya, untuk ketiga mobil yang dipilih adalah varian low MPV keluarga ya, jadi bukan kendaraan yang terlampau besar baik di ukuran, harga, maupun silinder mesin, jadi mohon maaf, mobil-mobil semacam elf, Toyota Hiace, Kia Travello, Toyota Alphard, dll untuk postingan kali ini tidak diperhitungkan dikarenakan jumlah silinder maupun harga yang terlewat batas bagi keluarga rata-rata Indonesia. Alphard dikonversi, diaduk aduk dalemnya sayang juga kan? hehe. Tapi pasti, dipostingan berikutnya akan ada postingan khusus mobil-mobil ini.

Tiga varian low-MPV keluarga terbaik untuk dijadikan campervan adalah Nissan Evalia, Daihatsu Luxio/GranMaxx, dan Suzuki APV.


Nissan Evalia

 (Gambar: http://motorinfo.org/nissan/nissan-evalia.html)

Mobil Pabrikan Nissan Jepang ini memang lebih dulu terkenal diluar negeri sana dengan nama NV200. Bahkan mobil ini akan menggantikan armada taksi Black Cab yang terkenal diLondon itu, juga akan menjadi armada utama NYTaxi (Taksi di New York, Amerika Serikat). Jadi bisa dipastikan, masalah kualitas sepertinya tidak perlu diragukan lagi. Mobil yang tergolong Mini-Van ini memiliki ukuran 4,400x1,695x1,850 (PxLxT), tergolong besar untuk ukuran kendaraan-kendaraan Indonesia. Evalia memiliki mesin 1.500cc yang serupa dengan Nissan Juke dan Nissan Grand Livina yang telah lebih dulu muncul dijalanan Indonesia. Mesin yang tergolong irit bahan bakar ini merupakan salah satu alasan mengapa Evalia broCL masukkan dipostingan ini. Selain itu, dikarenakan mesin yang sudah berada didepan, ruang kabin Evalia menjadi lebih lega dari yang lain, ruang dibawah kursi baris depanpun bisa dengan mudah dijadikan tempat penyimpanan tambahan, poin poin ini membuatnya layak untuk dikonversikan menjadi campervan.

Daihatsu Luxio/GranMaxx

(Gambar: www.daihatsu.co.id)
Luxio/Granmaxx mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga kita, mobil boxy ini sudah banyak beredar sejak 2007 ditanah air (Luxio 2009). Daihatsu Luxio sendiri merupakan versi mewah dari Granmaxx yang telah diupgrade sana sini hingga mencapai level kendaraan yang terbilang mewah dari sisi interior maupun exterior, bahkan Luxio disediakan versi matiknya, wuih mantab. Kedua kendaraan ini sangat layak dikonversikan menjadi campervan karna dimensinya yang lega dengan panjang 4,165mm, lebar 1,665mm, dan tinggi 1,915mm. Namun beda dengan Evalia yang mesin sudah terpasang didepan, Luxio dan Granmaxx ini masih memiliki mesin dibawah jok depan, sehingga desain lantainya tidak sama rata dibagian depan dan belakangnya. Kedua mobil ini sudah mengaplikasikan pintu geser untuk pintu tengah sehingga dapat lebih memudahkan keluar masuk kendaraan, apalagi bila nanti telah dikonversikan jadi campervan pasti akan lebih memudahkan kita untuk mengakses mobil ini.

Suzuki APV

 (Gambar: www.suzukindo.web.id)
Jenis mobil ini dilansir Suzuki untuk menggantikan suzuki carry yang merupakan Mini-van legendaris di Indonesia. Pada peluncurannya pada tahun 2007, animo masyarakat Indonesia sangatlah baik pada kendaraan ini karena desainnya yang modern baik interior maupun exterior. Kendaraan ini, seperti halnya Luxio dan Granmaxx, memiliki mesin dikolong, bukan didepan meskipun mobil ini terlihat memiliki 'hidung'. Namun, karna posisi lantai yang ditinggikan, perbedaan tinggi lantai depan (tempat mesin berada) dengan lantai belakang tidak terpaut jauh, dan karena ini juga, suzuki APV aman dipakai untuk menerjang banjir yang acap kali menggenangi kota kota diIndonesia. Dengan panjang 4,155mm lebar 1,655mm dan tinggi 1,840mm, mobil ini menjadi salah satu mobil yang bisa dikonversikan menjadi campervan.



Nah, BroCL sebenarnya memiliki foto foto tentang konversi campervan untuk mobil mobil diatas, dan nanti akan dibahas lebih jelas dan detail di post post mendatang. Stay tune.

17 comments:

  1. Wah keren artikelnya mas bro. Keep posting ya. Ga sabar nunggu lanjutannya hhe. Btw kalo mas bro prefer yg mana nih mobil yg cocok dibikin campervan? Oh ya mnrt mas bro mobil apa ya sekiranya cocok dibuat touring dan kuat di segala medan? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf sekali baru balas, ada kesibukan yang sulit ditinggalkan hehe. Hmm kalo saya sih prefer Nissan Evalia untuk dijadikan campervan. Alasannya; Nissan Evalia (Diluar dikenal dengan nama NV200) sudah banyak dijadikan mini camper dieropa dan jepang, jadi inspirasi untuk layoutnya sudah banyak melimpah diinternet, kemudian soal keiritan bahan bakar, mesin evalia yang sama kayak nissan livina sudah terkenal irit, jadi ga bikin kantong bolong kalo diajak jalan2 keliling jawa hehe, trus alasan ketiga adalah letak mesinnya yang ada didepan, jadi ga makan ruang didalam kabin, contohnya dibawah kursi pengemudi, wah bisa ditaruh macam2 kan disitu, trus masalah segala medan ya kurang lebih lah ya, ground clearancenya juga udah lumayan tinggi jd bisa aman klo ke medium offroad gt. makasi atas kunjungannya :)

      Delete
  2. wah lanjutkan postigan nya bro,,,

    ReplyDelete
  3. Camper ini juga lucu bro.. Homemade : http://www1.ttcn.ne.jp/~gyo/English/index.htm

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha sekalian pindahan rumah disitu aja ya

      Delete
  4. Nice article, kebetulan saya juga sedang coba buat cabinet2 untuk camper di Isuzu Trooper HiRoof saya : https://scontent-b-lax.xx.fbcdn.net/hphotos-xap1/t1.0-9/10154947_10202643350179221_8529850088107620004_n.jpg
    Tapi untuk real camper van impian, sepertinya saya pilih Suzuki Every 2004. JDM banget :)
    Kenapa saya pilih mobil Jepang? Rata2 punya konfigurasi tempat duduk yang bisa dijadikan tempat tidur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Luar biasa, bisa dishare kesini ya kalau sudah jadi cabinetnya. Yup, mobil jepang memang terkenal akan konfigurasi kursinya yang sangat fleksible, untuk Indonesia bisa diambil contoh Mitsubishi Delica yg baru launching. Itu semua tempat duduknya bisa dibuat flat. mantab!

      Delete
  5. Artikelnya keren nih.. btw,, ada gk ya mobil yg klo dijadiin campervan bisa muat tiga/empat orang?? Klo ada bagus itu mobil..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasi bro.
      hmm saranku sih kalo mau dijadikan 3-4berth itu mobil2 besar seperti Hyundai H-1 atau Toyota Alphard. Selain karena keduanya sudah lalu lalang diIndonesia cukup lama jd suku cadang melimpah, konfigurasi tempat tidur juga bisa di tambah dibawah pop-up roof. Jadi 1 kasur dibawah, 1 kasur di bawah bukaan atap.

      Delete
  6. Makasi banyak mbak. Wah kalo memodifikasi WC didalem campervan agak susah kayaknya, walopun bukan hal yang ga mungkin buat dilakuin. Pilihan mobilnya pun harus yang agak besar kayak Hyundai H-1, atau VW Caravelle jd tempat tidur bisa dibuat 2.

    ReplyDelete
  7. salam kenal Para sesepuh semua, ane mau tau, ada gak ya komunitas camper van di Indonesia ini sih?

    ReplyDelete
  8. salam kenal Para sesepuh semua, ane mau tau, ada gak ya komunitas camper van di Indonesia ini sih?

    ReplyDelete
  9. Klo untuk bengkel yg bisa bikin camper van daerah jakarta di mana ya om?

    ReplyDelete
  10. Klo untuk bengkel yg bisa bikin camper van daerah jakarta di mana ya om?

    ReplyDelete
  11. Broo hyundai starex/H1 ga masuk list nih ?

    ReplyDelete