Friday, April 10, 2015

Akhirnya, Wisata ala Motorhome bisa dinikmati di Indonesia (NEWS)

Pagi ini ketika sedang menjelajah dunia maya, broCL menemukan sebuah berita yang luar biasa untuk para pecinta campervan/motorhome di Indonesia. Sebuah perusahaan pariwisata di Belitung Timur telah membuka sebuah paket liburan yang mana anda bisa jalan jalan ke berbagai tempat wisata di Belitung dengan menggunakan sebuah Hotel berjalan atau Motorhome.

Perusahaan bernama Majesty Motorhome dengan taglinenya 'Belitung Island Adventures' ini membuka secara resmi paket wisata Motorhomenya dengan 5 buah armada, yang pada tanggal 14 Maret 2015 kemarin telah resmi dibuka untuk umum. Dalam acara peresmiannya, Majesty Motorhome turut mengundang Menteri Pariwisata dan Menteri Koordinator Kemaritiman, beserta masyarakat setempat. Pembukaan serta peresmiannya bisa dilihat divideo dibawah ini:


Sebenarnya BroCL sudah melirik ke Majesty Motorhome sejak setahun silam, disaat munculnya "teaser" bahwa akan dibukanya sebuah wisata motorhome di Belitung. Lama sebelum peresmiannya, memang Majesty Motorhome telah lebih dulu memperlihatkan salah satu armadanya dalam bentuk video di youtube dan artikel di situsnya, namun memang belum sempat BroCL bahas di blog ini.

Berlanjut ke armadanya, 5 buah motorhome yang dimiliki oleh Majesty Motorhome ini memang ternyata persis seperti yang broCL bayangkan sebelumnya, yaitu sebuah midsize campervan (Class B kalau di Amerika). Alih alih mengimpor langsung motorhome jadi yang sudah banyak beredar di Eropa maupun Jepang, nampaknya Majesty Motorhome membuat sendiri kendaraan untuk armadanya. Disitusnya tidak ada spesifikasi khusus mengenai kendaraan yang dipakai sebagai armadanya, hanya ada keterangan "Our Isuzu elf motorhome is designed and built by PT Karyatugas Paramitra for those who like camping in style...". Dari varian Isuzu Elf yang ada, kemungkinan terbesar yang dipakai untuk motorhome di Majesty adalah Elf varian NHR55CC (CMIIW). Dengan mesin 4 silinder berkapasitas 2.771cc, mini truck ini bisa mengeluarkan tenaga sebesar 100PS di 3.400rpm, serta torsi yang mencapai 22,5Kgm di 3.200rpm. Tanki bahan bakar yang disediakan juga lumayan besar, yaitu 75 liter. Dan untuk mencapai tujuannya sebagai Motorhome, Majesty telah bekerjasama dengan karoseri PT Karyatugas Paramita untuk membuat body custom diarmada Isuzu Elfnya sehingga tampang dan berfungsi layaknya sebuah motorhome.


Untuk layout didalamnya, well, disini kadang saya merasa kecewa. Bisa dilihat dari gambar diatas, layout untuk interior motorhome ciptaan Majesty Motorhome ini terlihat kaku dan masih tampak "Khas Indonesia" dengan pengerjaan yang masih terlihat ala kadarnya. Motorhome berkonfigurasi 4 berth atau 2+2 ini memiliki 2 setingan tempat tidur queensize, satu terletak diatas kab pengemudi yang merupakan fix bed (Tidak dapat berubah fungsi), dan satu lagi diletakan dibagian paling belakang mobil yang disulap dari tempat bersantai (lounge area). Tidak ada keterangan tentang berapa jumlah kursi bersabuk pengaman dimobil ini, tp BroCL pikir kemungkinannya hanya ada 2 buah, yakni dikursi pengemudi dan penumpang depan.

Trailer untuk Motorhome Isuzu Elfnya:




 Dari sisi tempat penyimpanan dapat dilihat sendiri bahwa banyak sekali tempat-tempat yang dibiarkan terbuka dan tidak dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan barang, sebagai contoh bagian bawah kursi di lounge area, hanya ada sebuah besi disana sebagai tumpuan kursi, tanpa ada rak maupun kubik kayu yang biasanya ada di Motorhome untuk menjadikannya sebagai tempat penyimpanan tambahan. Dari gambar maupun video trailer diatas, dapat dipastikan bahwa tempat penyimpanan disana hanyalah berada di laci langit2 (Overhead compartment), dan sebuah lemari sedang dibawah televisi. Padahal, sudah menjadi keharusan sebuah motorhome memiliki tempat penyimpanan yang memadai. tapi, yasudahlah.

Beralih keurusan masak memasak, diMotorhome ini TIDAK disediakan tempat khusus untuk memasak makanan, hanya ada sebuah kulkas kecil (biasa disebut minibar) untuk menyimpan segala kebutuhan makan dan minum kita. Kalaupun anda ingin memasak kemungkinan akan disediakan kompor kecil sebagai opsi tambahan dalam sewa motorhome. Mungkin ini juga karena sifat orang Indonesia ya yang maunya serba instan, jadi dalam liburan biasanya sudah pada malas untuk memasak makanannya sendiri, apalagi ini motorhome, bisa kita bawa hotel kita langsung keparkiran McDonald ataupun KFC, ya kan? :B Tapi akan jauh lebih baik untuk kedepannya jika disediakan tempat memasak didalam motorhomenya, karena akan menambah esensi bercampervan ria.

Kemudian, bagaimana untuk urusan buang air ya? dan lagi lagi kita harus kecewa karena didalam motorhome yang disewakan Majestic Motorhome tidak ada built-in toilet, jadi anda yang menyewa motorhome ini diwajibkan untuk parkir didekat tempat yang menyediakan toilet umum, karena kalau tidak, wah bisa buang air sembarangan, jangan ya. 

Urusan entertainment bisa jadi merupakan poin lebih dari motorhome ini, selain audio bawaan mobil yang kemungkinan sudah bisa minimal USB ataupun CD/DVD, anda juga akan dimanjakan dengan sebuah TV layar datar berukuran 32inch yang diletakan dibagian paling belakang mobil menghadap kedepan, tp dengan konfigurasi tempat duduk yang tersedia, bisa dipastikan kursi yang langsung menghadap belakang saja yang menjadi tempat terbaik untuk menonton TV, untuk yang duduk dikursi lainnya yang menghadap kesamping atau kedepan siap siap pegel deh lehernya.

Fasilitas lainnya yang tersedia di motorhome ini adalah 1 buah AC berkekuatan 1 PK, Generator-set berkapasitas 2000W, Rak majalah dan sepatu, dan lampu tidur. Kemudian dari pihak Majesty Motorhome juga menyediakan tambahan item untuk disewa bersamaan dengan motorhomenya, yaitu; Trampolin untuk anak-anak, kursi dan meja lipat, tenda lipat, serta paket berlibur keberbagai objek wisata diBelitung. Oh iya, untuk kursi pengemudi dan penumpang depan sepertinya juga model fix, bukan yang swivel seat, sehingga tidak bisa diputar menghadap kebelakang. 


Usaha Majesty Motorhome sudah sepatutnya di apresiasi, karena sudah berani membuka sebuah sarana wisata yang berbeda dari yang lainnya di Indonesia. Walaupun masih ada beberapa poin yang bisa diperbaiki tetapi kiranya Majesty Motorhome sudah cukup dalam memberikan contoh kemasyarakat Indonesia bagaimana rasanya berlibur dengan menggunakan motorhome. Saya sendiri berharap kedepannya Majesty Motorhome bisa menambah armadanya, dan melebarkan sayapnya ke pulau-pulau lain di Indonesia, dan makin baik lagi jika bisa manambah jenis motorhomenya dengan mendatangkan campervan langsung dari Eropa atau Jepang, kan keren tuh! Semoga Majesty Motorhome bisa menggoda perusahaan lain di Indonesia untuk mengeksplor sarana wisata yang satu ini. Jaya Campervan Indonesia!!



Buat yang mau lihat-lihat atau bahkan mencoba bercampervan di Belitung, bisa mampir ke situs Majesty Motorhome DISINI



1 comment:

  1. Sayang juga ga ada dapur & kamar mandinya, misal yang dipake NKR 55 mungkin masi muat, muat banget malah, lha motorhome Isuzu Elf Ox yang panjangnya 16 ft (kira2 4,8 m) aja uda ada dapur + kamar mandi. Btw, kira2 habis berapa ya ngecustom kaya gitu? ._.

    ReplyDelete